Tentang UGM
IT Center
Perpustakaan
Penelitian
Webmail
Bahasa Indonesia
English

Cintailah Pekerjaan agar Sukses dalam Karier

Posted on 29/09/2015 by Administrator
Post on
29
Sep
2015

Ada ungkapan yang sering kita dengar, “Agar Anda sukses, kerjakanlah apa yang Anda sukai. Namun apabila tidak bisa, sukailah apa yang Anda kerjakan.” Dua poin ini, kata banyak orang, menjadi kunci utama kesuksesan dalam meniti karier. Apabila telah mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan harapannya tentu tidak menjadi soal. Akan tetapi, bagaimana orang-orang yang tidak mendapatkan pekerjaan seperti yang diinginkannya? Mau tak mau, berusaha mencintai pekerjaan wajib dilakukan. Lalu, bagaimana kita bisa mencintai pekerjaan yang didapatkan?

Pertama, cobalah memaknai pekerjaan yang Anda dapatkan. Meski pekerjaan yang didapatkan tidak sesuai dengan apa yang diinginkan, janganlah cepat menggerutu. Anda bisa memaknai pekerjaan tersebut dengan cara bersyukur bahwa masih diberi kesempatan untuk bekerja. Lihatlah di sekeliling Anda. Ada banyak orang yang belum diberi kesempatan untuk bekerja. Dengan cara seperti ini, Anda akan lebih bersyukur kemudian dapat menghargai betapa berharganya pekerjaan yang telah didapatkan.

Kedua, evaluasi diri apakah pekerjaan tersebut memberi manfaat bagi Anda. Cobalah untuk mengkalkulasi sisi positif dan negatif. Ketika telah terpetakan, ambil sisi positif yang ditemukan untuk dijadikan penyemangat. Sedangkan sisi niegatifnya, silakan buang jauh-jauh. Sisi negatif tersebut jangan terlalu dibesar-besarkan agar tidak membelenggu kreativitas dan semangat Anda. Jika semangat dan kreativitas terbelenggu, jangan tanyakan bagaimana karier kedepan yang bisa diraih. Setelah mengetahui sisi positifnya, genjot terus potensi Anda untuk mendukung hal-hal positif tersebut.

Ketiga, carilah bagian yang menyenangkan dari pekerjaan Anda. Ketika proses evaluasi berlangsung, cari juga bagian-bagian menyenangkan yang didapatkan ketika bekerja di bidang tersebut. Misalnya dari lingkungan pekerjaan seperti teman-teman, atasan, atau relasi yang lain. Bisa juga dilihat dari berbagai fasilitas yang diberikan kantor. Ketika Anda bisa melihat hal-hal menyenangkan di depan mata, hati bisa jadi akan tergerak untuk terus melakukan pekerjaan itu. Perlu diingat, ketika kita sudah senang dengan pekerjaan yang digeluti, berbagai halangan dan rintangan pun dengan semangat akan dihadapi.

Keempat, yakinilah bahwa risiko selalu ada dalam setiap pekerjaan. Anda bisa saja melihat bahwa pekerjaan yang tidak sesuai dengan harapan ini adalah pekerjaan yang penuh dengan risiko. Tapi tunggu dulu. Anda pun jangan menutup mata bahwa pekerjaan yang diinginkan pun penuh dengan risiko. Sikap Anda dalam memandang risiko menentukan bagaimana Anda bertindak menghilangkan risiko tersebut. Ketika Anda tak terlalu mempersoalkan dan dengan tenang menghadapinya, risiko itu dengan sendirinya bisa berkurang.

Demikian beberapa poin kecil cara kita berusaha mencintai pekerjaan walau pekerjaan yang dijalani tidak sesuai dengan yang diharapkan. Percayalah, bahwa kesuksesan bisa diraih dengan sunggug-sungguh. Teruslah bekerja keras. Sebab tanpa bekerja keras, kesuksesan tak mudah untuk diraih.