Tentang UGM
IT Center
Perpustakaan
Penelitian
Webmail
Bahasa Indonesia
English

Beasiswa Studi Lanjut, Masa Depan Terajut

Posted by Administrator
Posted on
07
Nov
2015


Pilihan untuk bekerja atau studi lanjut seringkali menjadi pilihan membingungkan setelah lulus kuliah. Memilih untuk studi lanjut memang impian bagi banyak mahasiswa saat ini. Namun kendala biaya seringkali menyulitkan untuk masuk kedalam jenjang tersebut. Mencari beasiswa menjadi alternatif terbaik untuk mewujudkan cita-cita melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk membantu mahasiswa dan alumni memahami seluk beluk beasiswa studi lanjut, Sosio-Humaniora Integrated Career Days menyelenggarakan talkshow “Kesempatan Emas Pemburu Beasiswa”. Acara yang diselenggarakan di Graha Sabha Pramana pada Jumat (6/11) ini mengundang pembicara Dyah Savitri Pritadrajati, penerima beasiswa LPDP dan Darmadi Candra, Manager Program Tanoto Foundation.

Sosok perempuan yang dipanggil Prita ini menjelaskan ketika seseorang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi akan memberikan banyak keuntungan. Menurutnya, pendidikan adalah investasi masa depan bagi seseorang. Jika mengenyam pendidikan setinggi-tingginya, otomatis kualitas hidup akan lebih baik. “Jika kesulitan biaya studi lanjut, jangan patah semangat, informasi beasiswa sudah bertebaran dimana-mana,” ujarnya. Prita juga menambahkan bahwa kiat sukses dalam menembus beasiswa LPDP harus memiliki perencanaan yang baik dari jauh hari. Persyaratan yang dibutuhkan, seperti sertifikat bahasa inggris (IELTS, TOEFL), essay, Letter of Acceptance (LoA) harus disiapkan semaksimal mungkin.

LPDP sendiri merupakan program beasiswa yang diberikan pemerintah Republik Indonesia kepada para putra-putri terbaik bangsa yang ingin melanjutkan studi ke jenjang master maupun doktoral. Program beasiswa ini mencakup berbagai komponen biaya, seperti biaya pendaftaran, SPP, biaya hidup, biaya pembuatan tesis maupun disertasi, asuransi kesehatan dan berbagai biaya lainnya. Pendaftaran beasiswa LPDP dibuka tiap dua sampai empat kali tiap tahunnya di website www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id.

Darmadi Candra lebih banyak bercerita tentang program beasiswa Tanoto Foundation. Program beasiswa ini merupakan wujud kontribusi pendidikan di Indonesia. Program beasiswa Tanoto diibuka untuk jenjang SMA, jenjang S1 dan S2. Beasiswa ini menawarkan berbagai manfaat finansial maupun non-finansial. Segi finansial mengcover berbagai komponen biaya perkuliahan dan biaya hidup. Sementara manfaat non-finansial mendapatkan berbagai pelatihan capacity building, kesempatan magang di perusahaan Tanoto Grup, dan pertemuan tahunan penerima beasiswa.